Jumat, 09 Desember 2011

PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI
SARJANA PENDIDIKAN












Disusun Oleh
Drs. Lamijan, SH, M.Si
Dosen Metodologi Penelitian






FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
UNDARIS
2011




PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI
SARJANA PENDIDIKAN

A. PENDAHULUAN
Seorang mahasiswa diwajibkan menulis karya ilmiah dalam bentuk skripsi bila akan menyelesaikan studi kesarjanaannya. Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa berdasarkan hasil penelitian lapangan atau penelitian kepustakaan. Untuk dapat menulis skripsi secara baik, seorang mahasiswa harus memiliki dua kemampuan yaitu:
(1) Mampu menyusun Proposal Penelitian.
(2) Mampu menyusun Laporan Penelitian.
Banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan kedua hal tersebut diatas. Oleh karena itu, Pedoman Penulisan Skripsi ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa dalam menyusun proposal penelitian, dan juga menyusun laporan hasil penelitian yang dilakukannya. Di samping itu, diharapkan pula pedoman ini dapat membantu para Dosen Pembimbing Skripsi dalam memberikan bimbingan dan arahan kepada mahasiswanya. Tujuan akhir yang hendak dicapai adalah agar ada kesamaan pedoman dan pandangan dalam penulisan Skripsi bagi mahasiswa di lingkungan FKIP UNDARIS.
Pedoman Penulisan Skripsi ini berturut-turut hendak memaparkan tentang :
(1) Penyusunan proposal skripsi
(2) Cara merujuk dan menulis daftar rujukan
(3) Penulisan laporan penelitian untuk Skripsi.

B. PENYUSUNAN PROPOSAL SKRIPSI
Proposal Skripsi adalah rancangan penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa guna menyusun suatu karya ilmiah dalam bentuk skipsi kesarjanaan. Oleh karena itu, Proposal Skripsi berisi program kerja dan teori-teori yang akan dilaksanakan dalam kegiatan penelitian di lapangan.
Pada umumnya Proposal Skripsi memuat tiga bagian pokok, yaitu: (1) Bagian Awal, (2) Bagian Isi, dan (3) Bagian Akhir. Untuk memberi kejelasan pada masing-masing bagian tersebut, berikut deskripsi tentang Skripsi.

1. BAGIAN AWAL
Bagian awal Proposal Skripsi memuat halaman judul, lembar persetujuan pembimbing, dan daftar isi.

2. BAGIAN ISI
Bagian isi Proposal Skripsi memuat tiga bagian, yaitu :

a. BAB I : PENDAHULUAN
Pada Bab Pendahuluan ini antara lain memaparkan tentang: (1) latar belakang masalah (boleh diikuti dengan pembatasan masalah), (2) perumusan masalah, (3) tujuan penelitian, (4) manfaat penelitian, dan (5) definisi operasional, (6) Sistimatika penelitian.

b. BAB II : LANDASAN TEORI
Dalam Bab Landasan Teori ini antara lain dipaparkan tentang (1) Tinjauan Pustaka, (2) Hipotesis, dan (3) Kerangka Pikir.
Tinjauan Pustaka adalah kajian teoritis yang diarahkan untuk mencari landasan teori/dalil guna memecahkan masalah yang hendak diteliti. Jadi, tinjauan pustaka ini memaparkan hal-hal yang bersifat teoritis berkaitan dengan masalah yang diteliti. Gunanya untuk memperjelas atau mempertegas masalah yang diteliti.
Hipotesis adalah dugaan yang bersifat sementara sebagai jawaban dari masalah yang hendak diteliti. Hipotesis yang dikemukakan hendaknya bertitik-tolak dari teori-teori yang dipaparkan pada tinjauan pustaka. Hipotesis berfungsi sebagai jawaban sementara terhadap masalah yang diteliti, yang nantinya akan dikonfirmasikan dengan data hasil penelitian dengan tujuan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang dikemukakan itu.
Setelah hipotesis dirumuskan, diikuti kerangka pikir. Kerangka pikir merupakan alur pemikiran guna memecahkan masalah yang diteliti tersebut. Jadi, kerangka pikir adalah model, cara, atau langkah-langkah yang dipakai untuk menggarap dan memecahkan masalah yang hendak diteliti. Kerangka pikir ini berfungsi untuk membantu memudahkan peneliti melakukan penelitiannya.
c. BAB III : METODE PENELITIAN
Pada Bab Metode Penelitian ini antara lain memuat hal-hal yang berkaitan dengan : (1) jenis penelitian, (2) lokasi penelitian, (3) variabel penelitian (objek penelitian), (4) populasi, sampel penelitian, dan teknik pengambilan sampel, (satuan analisis, satuan pengamatan, dan sumber informasi), (5) teknik pengumpulan data, dan (6) teknik analisis data.

3. BAGIAN AKHIR
Bagian akhir proposal skripsi antara lain memuat Daftar Rujukan dan Lampiran-lampiran. Daftar rujukan hanya memuat judul-judul buku atau pustaka yang benar-benar telah dirujuk/dikutip dalam teks skripsi. Artinya, bahan pustaka yang hanya digunakan sebagai bahan bacaan tetapi tidak dirujuk dalam teks skripsi tidak dapat dimasukkan ke dalam teksnya, semua bahan pustaka yang telah dirujuk dalam teks skripsi harus dicantumkan dalam Daftar Rujukan.
Adapun lampiran–lampiran yang perlu disertakan dalam Proposal Skripsi, antara lain:
a. Instrumen penelitian. Instrumen penelitian ini bisa berupa daftar angket, daftar pertanyaan, pedoman wawancara, alat test prestasi belajar, skala sikap, dan lain-lain yang relevan dengan metode penelitian yang digunakan.
b. Jadwal kegiatan penelitian, (mulai menyusun proposal sampai selesainya penulisan laporan hasil penelitian).
c. Anggaran biaya penelitian. Buatlah anggaran penelitian sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan penelitian yang dilaksanakan.
d. Daftar riwayat hidup (biodata) peneliti. Biodata ini sebaiknya diuraikan secara naratif sebagai kalimat yang mengalir.
Beberapa format redaksional dari bagian Proposal Skripsi tersebut (misalnya; halaman judul, halaman persetujuan, dan daftar isi) dapat dilihat pada contoh berikut ini:



















PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP
PERILAKU SISWA MA QUDSIYAH KUDUS

Proposal Skripsi

Disusun Dalam Rangka Penulisan Skripsi
Guna Meraih Gelar Akademik Sarjana Pendidikan

Oleh
DIAN ISLAMI
NPM : 07310005


FAKULTAS KEGURUAN DAN KEPENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
(U N D A R I S)
2010


HALAMAN PERSETUJUAN

JUDUL SKRIPSI : PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PERILAKU SISWA MA QUDSIYAH KUDUS
Nama Mahasiswa : DIAN ISLAMI
N P M : 07310005
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Proposal skripsi ini telah disetujui oleh Dosen Pembimbing, pada hari……… tanggal……...2011

Pembimbing Utama, Pembimbing Pendamping,


Drs. Lamijan, SH, M.Si Dra. Luluk Ihyani, M.Pd

Mengetahui,
Dekan Fakultas FKIP UNDARIS,



Dra. Hj. Sri Widayati, M.Si

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PERSETUJUAN ii
DAFTAR ISI iii
BAB I : PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 5
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Definisi Operasional …………………………………………………..
BAB II : LANDASAN TEORI 10
A. Studi Pustaka …………………………………………………….. 10
B. Penelitian Terdahulu …………….………………………………………………. 20
C. Hipotesis………………………………………………………………. 25
D. Kerangka Pikir………………………………………………………… 27

BAB III : METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian ………………………………………………………… 30
B. Lokasi Penelitian ………………………………………………………. 30
C. Variabel Penelitian …………………………………………………….. 31
D. Populasi, Sampel, dan Teknik Sampel …………………………………
E. Teknik Pengumpulan Data ……………………………………………..
F. Teknik Analisis Data ……………………………………………………

DAFTAR RUJUKAN 43
LAMPIRAN :
1. Instrumen Penelitian 45
2. Jadwal Kegiatan Penelitian 48
3. Anggaran Biaya Penelitian
4. Daftar Riwayat Hidup Peneliti
C. CARA MERUJUK PUSTAKA
Ada dua cara untuk menulis dan merujuk sumber pustaka/buku yang ditulis dalam teks artikel/karangan. Pertama menggunakan footnotes (catatan kaki), dan kedua dengan cara menyebutkannya secara terpadu dalam teks artikel.
Untuk penulisan Skripsi Sarjana FKIP UNDARIS menggunakan cara kedua, yakni menyebutkan sumber pustaka secara terpadu dalam teks artikel/naskah.

1. Cara Menulis dan Merujuk Kutipan Langsung
Berdasarkan banyak atau sedikitnya kata atau kalimat yang dikutip secara langsung, ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk menulis dan merujuk kutipan langsung. Beberapa cara itu sebagai berikut:
a. Kutipan Kurang dari 40 Kata
Kutipan yang berisi kurang dari empat baris ditulis di antara tanda kutip (“………) sebagai bagian yang terpadu dalam teks utama, dan didahului/diikuti (tahun terbit, titik dua, dan nomor halaman yang dikutip) dalam tanda kurung setelah nama pengarangnya.
Contoh :
Soebronto (1998:19) menyimpulkan, “ada hubungan yang erat antara tingkat pendapatan orangtua dengan tingkat kesejahteraan anak-anaknya”.

b. Kutipan 40 kata atau lebih
Kutipan yang berisi empat baris atau lebih ditulis tanpa tanda kutip dan terpisah dari teks yang mendahului, ditulis 1,2 cm dari garis tepi sebelah kiri dan kanan, dan diketik dengan spasi satu (tunggal), dan didahului/diikuti (tahun terbit, titik dua, dan nomor halaman yang dikutip) setelah nama pengarang.
Contoh :
Edward Smith (1996:132) menarik disimpulkan sebagai berikut :
The placebo effect, which had been veried in previous studies, disappeared when behaviors were studied in this manner. Furthermore, the behaviors were never exhibited again, even when real drugs were administered. Earlier studies were clearly premature in attributing the results to a placebo effect.

Jika dalam kutipan terdapat paragraf baru lagi, garis barunya dimulai 1,2 cm dari tepi kiri garis teks kutipan.

c. Kutipan yang sebagian Dihilangkan
Apabila dalam kutipan mengutip langsung ada kata-kata dalam kalimat dibuang, maka kata-kata yang dibuang diganti dengan tiga titik (…).
Contoh :
Abdullah Badawi (1998:64) menyatakan, “Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah … diharapkan sudah melaksanakan kurikulum baru”.
Apabila ada kalimat yang dibuang, maka kalimat yang dibuang diganti dengan empat titik (….).
Contoh :
Nur Hasyim (1992:83) mengemukakan, “Gerak manipulatif adalah keterampilan yang memerlukan koordinasi antara mata, tangan, atau bagian tubuh lain …. Yang termasuk gerak manipulatif antara lain adalah menangkap bola, menendang bola, dan menggambar.”

2. Cara Menulis dan Merujuk Kutipan Tidak Langsung
Kutipan yang disebut secara tidak langsung atau dikemukakan dengan bahasa penulis sendiri, ditulis tanpa tanda kutip dan terpadu dalam teks utama.
Perhatikan contoh berikut :
Ahmad Salim (1996:57) tidak menduga bahwa mahasiswa tahun ketiga lebih baik prestasinya daripada mahasiswa tahun keempat.

D. CARA MENULIS DAFTAR RUJUKAN/DAFTAR PUSTAKA
Daftar Rujukan merupakan daftar yang berisi judul buku, makalah, artikel, atau bahan pustaka lainnya yang dikutip baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahan-bahan yang dibaca akan tetapi tidak dikutip tidak dicantumkan dalam Daftar Rujukan, sedangkan semua bahan yang dikutip secara langsung maupun tidak langsung dalam teks harus dicantumkan dalam Daftar Rujukan.
Pada dasarnya, unsur yang ditulis dalam Daftar Rujukan secara berturut-turut meliputi : (1) nama penulis dengan urutan: nama akhir, nama awal, dan nama tengah, tanpa gelar akademik (2) tahun penerbitan, (3) judul, termasuk anak judul (subjudul), (4) kota tempat penerbitan, dan nama penerbit. Unsur-unsur tersebut dapat bervariasi tergantung jenis sumber pustakanya. Jika penulisannya lebih dari satu, cara penulisan namanya sama dengan penulis pertama.
Nama penulis yang terdiri dari dua bagian ditulis dengan urutan: nama akhir diikuti koma, nama awal (disingkat atau tidak disingkat tetapi harus konsisten dalam satu karya ilmiah), diakhiri dengan titik. Apabila sumber yang dirujuk ditulis oleh tim, semua penulisannya harus dicantumkan dalam Daftar Rujukan.
Daftar Rujukan harus diurutkan berdasarkan alphabetis nama penulis/pengarang pustaka, dan tidak diberi nomor urut. Berikut diberikan contoh penulisan Daftar Rujukan dari berbagai bacaan.

1. Rujukan dari Buku
Tahun penerbitan ditulis setelah nama penulis, diakhiri dengan titik. Judul buku ditulis dengan huruf miring, dengan huruf besar pada urutan awal setiap kata, kecuali kata hubung dan kata depan. Tepat penerbitan dan nama penerbit dipisahkan dengan titik dua ( : ).
Contoh :
Geertz, Clifford. 1992. Kebudayaan dan Agama. Yogyakarta: Kanisius.
Rahardjo, Dawam. 1988. Perekonomian Indonesia, Pertumbuhan dan Krisis. Jakarta: LP3ES
Swastha, Basu. dan Sukotjo, Ibnu. 1995. Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty
Jika ada beberapa buku yang dijadikan sumber ditulis oleh orang yang sama dan diterbitkan dalam tahun yang sama juga, data tahun penerbit diikuti oleh lambang a, b, c, dan seterusnya yang urutannya secara kronologis atau berdasarkan abjad judul buku-bukunya.
Cornet, L. & Weeks, K. 1985a. Career Ladder Plans: Trens and Emerging Issues-1985. Atlanta, GA: Carrer Ladder Clearinghouse
Cornet, L. & Weeks, K. 1985b. Planing Career Ladder: Lesons from the States. Atlanta, GA: Carrer Ladder Clearinghouse
2. Rujukan dari Buku yang Berisi Kumpulan Artikel (Ada Editornya)
Seperti menulis rujukan dari buku ditambah dengan tulisan (Ed.) jika ada satu editor, dan (Eds.) jika editornya lebih dari satu, di antara nama penulis dan tahun penerbitan. Contoh:
Budiman, Arief (Ed.). 1990. States and Civil Society in Indonesia. Clayton Victoria Australia: Aristoc Press Ltd.
Booth, Anne. & Cawley, Peter Mc. (Eds.). 1990. Ekonomi Orde Baru. Jakarta: LP3ES.

3. Rujukan dari Artikel dalam Buku Kumpulan Artikel (Ada Editornya)
Nama penulis artikel ditulis di depan diikuti dengan tahun penerbitan. Judul artikel ditulis dalam tanda petik (“…”) tanpa cetak miring. Nama editor ditulis seperti nama biasa, diberi keterangan (Ed.) bila hanya satu editor, dan (Eds.) bila lebih dari satu editor. Judul buku kumpulannya ditulis dengan huruf miring, dan nomor halamannya disebutkan dalam kurung. Contoh:
Kartodirdjo, Sartono. 1987. “Peasant Mobilisation and Political Development in Soekarno’s Indonesia. dalam Christine Doran (Ed.), Indonesian Politics: a Reader. (hal. 173-204). Townsville: James Cook University of Noth Queenland.
Ancok, Djamaludin. 1989. “Validitas dan Rehabilitas Intrumen Penelitian”. dalam Masri Singarimbun & Sofian Effendi (Eds.), Metode Penelitian Survai. (hal. 122-148). Jakarta LP3ES.

4. Rujukan dari Artikel dalam Jurnal/Majalah Ilmiah
Nama penulis ditulis paling depan diikuti dengan tahun dan jurnal artikel yang ditulis dalam tanda petik (“…”) dengan cetak biasa, dan huruf besar pada setiap huruf awal kata kecuali kata hubung dan kata depan. Nama jurnal/majalah ilmiah ditulis dengan cetak miring, dan huruf awal dari setiap kata ditulis dengan huruf besar kecuali kata hubung dan kata depan. Bagian akhir berturut-turut ditulis jurnal/majalah ilmiah tahun/jilid ke berapa, nomor beberapa (dalam kurung), dan nomor halaman dari artikel tersebut, serta nama tempat penerbit dan nama lembaga penerbitannya.

Contoh:
Dwidjosumarto, Suhardjo, 2000. “Persepsi Guru terhadap Implementasi Pendidikan Sistem Ganda di Sekolah Menengah Ekonomi Atas”. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (1). Hal.35-42. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lamijan. 1995. “Dampak Pilkades terhadap Peranan Kepala Desa dalam Implementasi Pembangunan”. Majalah Ilmiah Inkoma, VI (20). Hal. 5-16. Ungaran:Undaris.
Padmo, Soegiyanto. 1991. “Pengusahaan Tembakau Cerutu dan Dampaknya terhadap Masyarakat”. Prisma, 20 (3). hal. 3-14. Jakarta: LP3ES.

5. Rujukan dari Artikel dalam Koran (ada penulisnya)
Nama penulis ditulis paling depan, diikuti oleh tanggal, bulan dan tahun (jika ada). Judul artikel ditulis dalam tanda petik (“…”) dengan cetak biasa, dan huruf besar pada setiap huruf awal kata, kecuali kata hubung dan kata depan. Nama koran ditulis dengan huruf kecil kecuali huruf pertama setiap kata, dan dicetak miring. Nomor halaman disebut pada bagian akhir. Contoh:
Sutrisno, Slamet. 20 Oktober, 1997. “Misi dan Visi Pembaharuan Golongan Karya ”. Suara Merdeka. hal. 8.
Huda, Nuril. 13 November, 1991. “Menyiasati Krisis Listrik Musim Kering”. Jawa Pos. hal. 6.
Taruna, J.C. Tukiman. 22 Juli, 2000. “Potensi Mandiri Pendidikan Dasar”. Radar Semarang. hal. 4.

6. Rujukan dari Koran tanpa Penulis
Nama koran ditulis di bagian awal. Tanggal, bulan, tahun ditulis setelah nama koran, kemudian judul artikel ditulis dalam tanda petik (“…”) dengan huruf besar-kecil dicetak biasa, dan diikuti nomor halaman. Contoh:
Jawa Pos. 22 April 1995. “Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri”. hal. 3.
Suara Merdeka. 14 Agustus 2000. “Gaji Guru di Kedungombo Rp. 10.000/Bulan”. Hal. 1.

7. Rujukan dari Dokumen Resmi Pemerintah (Peraturan Perundang-Undangan) yang Diterbitkan oleh Suatu Penerbit, Tanpa Ditulis dan Tanpa Lembaga
Judul atau nama dokumen ditulis di bagian awal dengan huruf besar-kecil dicetak miring, diikuti tahun penerbitan dokumen, tempat/kota penerbit, dan nama lembaga penerbitnya. Contoh:
Keterangan MPR RI Nomor IV/MPR/1999 tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara Tahun 1999-2004. 1999. Semarang: Aneka Ilmu
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1990. Jakarta: PT. Duta Jaya
Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 1999 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 1999 tentang Pegawai Negeri Sipil yang menjadi Anggota Partai Politik. 1999. Jakarta: PT Panca Usaha

8. Rujukan dari Dokumen Lembaga yang Ditulis/Diterbitkan atas nama Lembaga Tersebut
Nama lembaga penaggungjawab langsung ditulis paling depan, diikuti dengan tahun penerbit, judul karangan dicetak miring, nama tempat penerbit, dan nama lembaga yang bertanggungjawab atas penerbitan karangan tersebut. Contoh:
Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. 1999. Pedoman Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

9. Rujukan Berupa Karya Terjemah
Nama penulis asli ditulis paling depan, diikuti tahun penerbitan karya asli, judul terjemahan ditulis dengan cetak miring, nama penerjemah, tahun penerjemah, nama tempat penerbitan dan nama penerbit terjemah. Apabila tahun penerbitan buku asli tidak dicantumkan, ditulis dengan kata Tanpa tahun.

Contoh :
Scott, James C. 1976. Moral Ekonomi Petani, Pergolakan dan Subsistensi di Asia Tenggara. Terjemah oleh Hasan Basari. 1981. Jakarta: LP3SE
Ary, D. Jacobs, L.C & Razavieh, A. Tanpa Tahun. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemah oleh Aries Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Internasional

10. Rujukan dari Skripsi, Tesis, atau Disertasi
Nama penulis ditulis paling depan, diikuti tahun yang tercantum pada sampul, judul skripsi, tesis, atau disertasi ditulis dengan cetak miring diikuti dengan pernyataan skripsi, tesis atau disertasi tidak diterbitkan, nama kota tempat perguruan tinggi, nama fakultas serta nama perguruan tinggi. Contoh:
Sustiyati, Siti. 1996. Studi Korelasi Antara Hasil Tes IQ dan Prestasi Belajar Siswa SMP Masehi 1 Ungaran. Skripsi tidak diterbitkan, Ungaran: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Undaris.
Lestari, Budi. 2000. Pengaruh Perhatian Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
Lamijan. 1995. Hubungan antara Proses Pilkades dan Peranan Kepala Desa dalam Menjalankan Tugasnya, Studi Kasus di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Tesis tidak diterbitkan. Bogor: Program Pascasarjana Institut Pertanian Bogor
Pengaribuan, Thomas. 1992. Perkembangan Kompentensi Kewacanaan Pembelanjaran Bahasa Inggris di LPTK. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang

11. Rujukan dari Makalah yang Disajikan dalam Seminar, Lokakarya, Penataran, atau Pelatihan
Nama penulis ditulis paling depan, dilanjutkan dengan tahun, judul makalah ditulis dengan cetak miring, kemudian diikuti pernyataan Makalah disajikan dalam ……….(diisi nama pertemuan), lembaga penyelenggaraan, tempat penyelenggaraan, dan tanggal serta bulannya.

Contoh:
Huda, Nuril. 2000. Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Makalah disajikan dalam Pelatihan Nasional Penulisan Artikel pada Jurnal Ilmiah Angkatan II. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Batu Malang, 18-20 April
Sudharto. 2000. Sekolah Wahana Pendidikan Akhlak Menuju Otonomi Pendidikan. Makalah disampaikan pada Diskusi Panel dalam rangka Memperingati HUT GUPPI ke-50. DPD I GUPPI Jawa Tengah dan Undaris. Ungaran, 13 Mei

E. PENULISAN LAPORAN PENELITIAN UNTUK SKRIPSI
Skripsi terdiri atas tiga bagian yaitu (1) Bagian Awal, (2) Bagian Isi, dan (3) Bagian Akhir Skripsi.
1. BAGIAN AWAL
Bagian Awal sekurang-kurangnya terdiri atas:
a. Halaman Judul
b. Halaman Persetujuan Pembimbing
c. Halaman Pengesahan Ujian Skripsi
d. Abstrak
e. Pernyataan Keaslian Tulisan
f. Motto dan Persembahan
g. Prakata
h. Daftar Isi
i. Daftar Tabel
j. Daftar Gambar/Denah (bila ada)
Nomor urut halaman untuk BAGIAN AWAL ini menggunakan angka romawi kecil, letaknya pada baris bawah bagian tengah. Khusus untuk Halaman Judul tidak perlu diberi nomor, namun dianggap sebagai nomor romawi kecil satu (i).






2. BAGIAN ISI
Bagian Isi Skripsi merupakan paparan atau uraian secara mendalam dan lengkap mulai dari Bab Pendahuluan sampai dengan Bab Penutup. Bagian isi ini disajikan secara runtut, yang meliputi bab-bab sebagai berikut :

a. BAB I, PENDAHULUAN
Bab ini sekurang-kurangnya memuat:
1) Latar Belakang Masalah
2) Rumusan Masalah
3) Tujuan Penelitian
4) Manfaat Penelitian
5) Definisi Operasional
6) Sistimatika Penulisan

b. BAB II, LANDASAN TEORI
Bab ini sekurang-kurangnya memuat :
1) Studi Pustaka
2) Penelitian Terdahulu
3) Hipotesis atau (Anggapan Dasar)
4) Kerangka Pikir

c. BAB III, METODE PENELITIAN
Bab ini sekurang-kurangnya memuat:
1) Jenis Penelitian
2) Lokasi Penelitian
3) Variabel Penelitian, atau (Objek Penelitian)
4) Populasi, Sampel, dan Teknik Sampel, atau (Satuan Analisis, Satuan Pengamatan, dan Sumber Informasi)
5) Teknik Pengumpulan Data
6) Teknik Analisis Data




d. BAB IV, HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini sekurang-kurangnya memuat:
1) Hasil Penelitian, yakni berupa paparan dan uraian data yang diperoleh dari kegiatan penelitian yang dilakukan (wawancara, angket, dokumentasi, hasil test, dan sebagainya) yang disusun secara sistematis dengan mengacu pada masalah dan tujuan penelitian.
2) Pembahasan Hasil Penelitian. Pembahasan ini tetap mengacu pada hasil penelitian atau temuan penelitian, yang dikaitkan/dikonfirmasikan dengan teori-teori yang dikemukakan pada bagian STUDI PUSTAKA. Hal ini dilakukan agar peneliti dapat memberikan tafsiran atau interpretasi terhadap temuan (hal-hal baru) tersebut. Mungkin hasil penelitian kita ini dapat memperkuat atau memperlemah teori-teori yang ada.

e. BAB V, PENUTUP
Bab Penutup ini sekurang-kurangnya memuat :
1) Simpulan
Simpulan yang dikemukakan hendaknya berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian yang telah dirumuskan. Temuan-temuan baru sebagai hasil penelitiannya hendaknya dikemukakan pula
2) Saran-saran
Saran-saran ini hendaknya relevan dengan simpulan dan temuan-temuan baru tersebut di atas. Saran ini sifatnya fakultatif, karena itu tidak mengikat pihak-pihak lain. Saran lebih berfungsi sebagai rekomendasi pada pihak-pihak lain yang terkait.
Keterangan:
a. Pada BAGIAN ISI perlu diusahakan agar jumlah halaman skripsi menjadi proporsional (seimbang) antara Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, dan Bab V: misalnya lebih kurang dengan perbandingan = 7 : 15 : 5 : 20 : 5
b. Nomor urut halaman BAGIAN ISI menggunakan angka Arab, letaknya di sudut kanan atas. Kecuali bila pada halaman itu terdapat judul bab, maka letak nomor halaman berada di tengah baris paling bawah.

3. BAGIAN AKHIR
Bagian Akhir Skripsi ini sekurang-kurangnya memuat :
a. Daftar Rujukan. Gunakan pedoman penulisan Daftar Rujukan sebagaimana dipaparkan di depan. Untuk penulisan dokumen resmi pemerintah (peraturan perundangan) atau dokumen lembaga dalam Daftar Rujukan agar ditempatkan pada bagian yang paling akhir.
b. Lampiran-lampiran. Ada beberapa hal yang dapat dilampirkan dalam naskah Skripsi. Misalnya: tabel, grafik, bagan, peta wilayah, angket penelitian, daftar pertanyaan, pedoman wawancara, surat ijin penelitian, surat keterangan telah melaksanakan penelitian, biodata penulis, dan sebagainya yang dianggap perlu.
Nomor urut halaman BAGIAN AKHIR ini merupakan kelanjutan dari nomor urut halaman BAGIAN ISI. Oleh Karena itu, nomor urut halaman harus dicantumkan.

KETENTUAN-KETENTUAN LAIN
Skripsi ditulis/disusun dalam bentuk/ukuran sebagai berikut :
1. Jumlah halaman minimal 40 halaman, tidak termasuk halaman BAGIAN AWAL dan BAGIAN AKHIR
2. Diketik menggunakan komputer program Microsoft Word pada kertas HVS ukuran kuarto (A4) 80 gram.
3. Jarak antar baris 2 (dua) spasi. Khusus untuk tabel diketik dengan jarak antar baris 1 (satu) spasi
4. Sampul (cover) baik halaman luar maupun halaman dalam menggunakan logo/lambang UNDARIS. Letaknya di atas tulisan judul skripsi
5. Warna kertas sampul luar (cover) untuk Skripsi Sarjana Mahasiswa FKIP UNDARIS adalah berwarna biru laut
6. Skripsi yang telah diajukan dan diperbaiki/direvisi, dijilid hardcover dan berplastik/laminating, sekurang-kurangnya rangkap empat.






PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP
PERILAKU SISWA MA QUDSIYAH KUDUS

SKRIPSI
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh
Gelar Akademik Sarjana Pendidikan


Oleh
DIAN ISLAMI
NPM : 07310005


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
(U N D A R I S)
2010


HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING

JUDUL SKRIPSI : PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PERILAKU SISWA MA QUDSIYAH KUDUS
Nama Mahasiswa : DIAN ISLAMI
N P M : 07310005
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Skripsi ini telah disetujui oleh Dosen Pembimbing, pada hari……… tanggal……...2011

Pembimbing Utama, Pembimbing Pendamping,


Drs. Lamijan, SH, M.Si Dra. Luluk Ihyani, M.Pd

Mengetahui,
Dekan FKIP UNDARIS


Dra. Hj. Sri Widayati, M.Si



PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI

JUDUL SKRIPSI : PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PERILAKU SISWA MA QUDSIYAH KUDUS
Nama Mahasiswa : DIAN ISLAMI
N P M : 07310005
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Skripsi ini telah diujikan dan dipertahankan di hadapan Tim Penguji Skripsi Fakultas FKIP, pada hari …………….. tanggal…….……………. 2011

Tim Penguji Skripsi,
Ketua Anggota Anggota

Drs. Lamijan, SH, M.Si Dra. Luluk Ihyani, M.Pd

Mengetahui,
Dekan FKIP UNDARIS,


Dra. Hj. Sri Widayati, M.Si



PEDOMAN PENULISAN ABSTRAK SKRIPSI

Abstrak skripsi merupakan sari atau inti dari seluruh naskah skripsi. Abstrak dibuat 2 (dua) halaman, diketik dengan jarak spasi antar baris 1 (satu) spasi. Abstrak disusun secara naratif sebagai kalimat yang mengalir secara runtut. Abstrak Skripsi memuat :
1. Latar belakang masalah, rumusan masalah atau tujuan penelitian (dalam satu alinea).
2. Metode penelitian (dalam satu alinea)
3. Hasil penelitian dan pembahasan (dalam beberapa alinea/lebih dari satu alinea)
4. Simpulan/hasil penelitian (dalam satu alenia)
5. Saran (bila ada).

















PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama lengkap : DIAN ISLAMI
Nomor Induk : 07310005
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Skripsi yang saya tulis ini dengan judul :

PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PERILAKU SISWA MA QUDSIYAH KUDUS

Adalah benar-benar merupakan hasil karya saya sendiri, bukan merupakan pengambilalihan tulisan orang lain yang saya akui sebagai hasil tulisan atau pikiran saya sendiri.

Apabila di kemudian hari terbukti atau dapat dibuktikan bahwa Skripsi ini palsu/hasil jiplakan, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut.

Ungaran,…………..
Yang menyatakan,


DIAN ISLAMI
NPM : 07310005



BIODATA PENULIS


Nama : DIAN ISLAMI
Tempat/tanggal lahir : Semarang, 06 Juli 1992
Alamat : Jl. D.I. Panjaitan V No.26 Ungaran Semarang
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Hobby : Membaca
Status : Belum Menikah
Riwayat Pendidikan : - SD lulus tahun 1997
- SMP lulus tahun 2000
- SMA lulus tahun 2003
Pekerjaan : -
dst






Ungaran, …………
Yang membuat,


DIAN ISLAMI
NPM : 07310005






Nomor : …./A.III/6/VI/2011 Ungaran, 16 Juni 2011
Lamp : -
H a l : Ijin Penelitian

Kepada : Yth. Kepala MA QUDSIYAH KUDUS
di
Kudus


Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Diberitahukan dengan hormat bahwa mahasiswa yang namanya tersebut dibawah ini :

Nama : Dian Islami
NIM : 07310005
Fakultas : Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan : Manajemen

Akan mengadakan penelitian selama 2 (dua) bulan, guna penulisan skripsi yang berjudul : “PENGARUH KEDISIPLINAN DAN MOTIVASI TERHADAP PERILAKU SISWA MA QUDSIYAH”

Sehubungan dengan itu, kami mohon agar yang bersangkutan diberi ijin untuk melaksanakan penelitian sesuai dengan proposal terlampir.

Atas perhatian dan ijin yang diberikan, kami ucapkan terima kasih

Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Dekan,

Dra Hj. Sri Widayati, M.Si

Tembusan Kepada Yth :
1. Yang bersangkutan untuk dilaksanakan
2. Arsip


KARTU KONSULTASI SKRIPSI
FAKULTAS EKONOMI
PROGDI : MANAJEMEN













UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI
( U N D A R I S )
2010

















KARTU KONSULTASI SKRIPSI

Nama Mahasiswa : Ristotok
N P M : 07.51.0021
Fakultas / Progdi : Ekonomi / Manajemen
Pembimbing : 1. Drs. Lamijan, SH. M.Si
2. Sri Rahayu, SE. M.Si
Judul Skripsi :


No Tanggal Konsultasi Uraian Kegiatan Konsultasi Tanda Tangan Pembimbing
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15

DAFTAR PENGAMBILAN KARTU KONSULTASI SKRIPSI


No NPM Nama Mahasiswa Tanggal Pengambilan Tanda Tangan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20